Cara Membuat Resep Soto Tauco Tegal Enak

Cara Membuat Resep Soto Tauco Tegal Enak, akan membahas resep soto tauco tegal dan juga membuat soto tauco enak. Soto tauco adalah salah satu makanan yang paling populer di daerah tegal dan sekitarnya terutama daerah-daerah pantura. kuah yang cenderung bewarna pekat kemerahan coklat berbeda sekali dengan jenis soto bening lainnya. cara membuat soto tauco tegal tergolong mudah karena hampir sama seperti membuat soto pada umumnya hanya saja memang cara membuat soto tegal ini memakai bahan yang sedikit berbeda dan bahan tersebut wajib ada yaitu seperti tauco yang akan memberikan warna pekat pada kuah dan rasa yang enak bila mana di campurkan ke dalam soto.

Cara Membuat Resep Soto Tauco Tegal Enak
resep soto tauco tegal

Bahan Soto Tauco Tegal
500 gram daging ayam
1 1/2 liter air
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 lembar daun salam
1 sendok makan garam
1 ruas serehmerica secukupnya
kaldu bubuk secukupnya
tauge secukupnya
bihun secukupnya
bawang goreng secukupnya
kecap seperlunya
Bahan Sambal Tauco
4 sendok makan tauco
6 buah cabai rawit hijau, bisa sesuaikan
10 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
kaldu bubuk secukupnya
garam dan gula secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Soto Tauco Tegal
1. Persiapkan bahan-bahannya dahulu, setelah itu buat sambal tauconya dengan cara merebus cabai rawit dan cabai merahnya sebentar saja.
2. Haluskan cabai kemudian sisihkan. potong/iris tipis bawang putih dan bawang merah selanjutnya langsung tumis sampai harum dan masukkan cabai yang telah di haluskan.
3. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk beserta tauconya sekalian. aduk secara cepat sampai matang dan nampak sedikit kental. berikutnya tinggal sisihkan dulu.
4. Langkah berikutnya buat kuah sotonya, cuci dan bersihkan ayam seperti biasa potong-potong ayamnya. kemudian rebus sampai matang.
5. Angkat ayam dari rebusan berikutnya suwir kecil-kecil. sisihkan. iris kasar bawang putih dan merah kemudian tumis sampai harum tambahkan kaldu bekas rebusan ayam, masukkan juga serehnya.
6. Tambagkan daun salam, merica, garam dan kaldu bubuk. aduk merata sambil didihkan sampai matang mendidih. baru bisa diangkat.
7. Siapkan mangkuk saji, tata rapi tauge dan bihun nya, kemudian tuangkan kuah sotonya lalu beri sambal tauconya dan masukkan suwiran ayam.
8. Terakhir tinggal tambahkan kecap dan bawang goreng di atasnya lalu bisa di hidangkan selagi hangat dan panas.

Pastinya mudah dan tentu lezat bila di makan ketika siang maupun sore hari cara membuat resep soto tauco tegal enak edisi memuat resep kali ini. jangan ketinggalan resep masakan yang enak lainnya seperti resep serabi kuah dan resep nasi kuning. salam.